Kitchen

Resep Shokupan Si Fluffy Bread Untuk Menemani Tiap Pagi, Dibuat dengan Bread Master Hemat Energi Ini

Shokupan adalah sebutan untuk roti tawar khas Jepang yang bertekstur fluffy nan lembut. Roti ini sebenarnya terbuat dari bahan-bahan yang sederhana. Biasanya roti shokupan ini dijadikan makanan untuk sarapan di negara asalnya, Jepang. Hal ini sesuai dengan bahannya yang sudah mengandung susu dan butter, sehingga cocok disantap untuk menu sarapan karena bernutrisi. 

Di Jepang sendiri, roti sudah diperkenalkan oleh bangsa Portugis sejak tahun 1540-an dan dinamakan ‘pan’ yang diambil dari Bahasa Portugis pão.  Menurut Sejarah Jepang, roti pada mulanya tidak dikonsumsi secara umum dan hanya dimakan oleh ekspatriat maupun Angkatan Laut  Jepang pada sekitar tahun 1890-an. Konsumsi oleh Angkatan Laut Jepang ini disebabkan karena kandungan shokupan yang mampu mencukupi kebutuhan asupan nutrisi dan vitamin para Angkatan Laut Jepang. Baru kemudian pada akhir abad ke-19 shokupan mulai dikonsumsi oleh banyak orang, termasuk anak-anak oleh karena kandungan nutrisinya yang cukup baik untuk tubuh.

Bersyukur karena adanya teknologi dan globalisasi yang semakin merebak, FriendZen kini pun tidak perlu jauh-jauh ke Jepang untuk menikmati roti fluffy nan moist ini. Karena kali ini Neozen akan membagikan resep untuk membuat Shokupan dengan alat bernama Neozen Bread Master Chrome.

Bahan-bahan yang diperlukan: 

  1. 1000 gr Telur. 
  2. 240 ml Susu Cair.. 
  3. 4 sdm Gula. 
  4. 60 gr Margarine.
  5. ½ sdt Garam.
  6. 370 gr  Tepung Terigu Berprotein Tinggi.
  7. 50 gr Tepung Terigu Berprotein Sedang. 
  8. 2 sdm Susu Bubuk. 
  9. 1 sdt Ragi Instan.
  10. 1 sdt  Bread Improver / jika tidak ada bisa diganti dengan air perasan jeruk nipis atau lemon. 
  11. 9 tetes Pewarna Makanan.
  12. Selai Secukupnya.
  13. Isian roti sesuai selera (keju, kismis, dll).

Cara Membuat : 

  1. Masukkan bahan (telur, susu cair, gula, butter, garam, terigu, susu bubuk ke dalam Loyang Bread Master.
  2. Buat lubang di atas bahan-bahan tsb untuk memasukkan ragi.
  3. Masukkan loyang ke dalam mesin Bread Master.
  4. Kemudian pilih menu ” MIX ” NO 15.
  5. Setelah siap, tekan ” START “.
  6. Setelah Proses selesai, bagi 2 adonan yang sudah jadi.
  7. Beri pewarna (sesuaikan warna yang diinginkan).
  8. Diamkan selama 30 menit.  
  9. Tipiskan adonan dan bagi 6 bulatan setiap warna.
  10. Diamkan selama 10 menit. 
  11. Tipiskan kembali adonan lalu diisi dengan isian sesuai selera (keju, kismis, dll). 
  12. Bentuk adonan roti menjadi bulat.
  13. Susun dalam loyang. 
  14. Masukkan ke dalam mesin Bread Master.
  15. Pilih menu ” FERMENT BAKE “. Setelah selesai segera keluarkan dari loyang dan dinginkan.

Setelah FriendZen menyimak cara membuat roti shokupan, sekarang mari kita bahas Neozen Bread Master Chrome yang dipakai dalam membuat roti tadi. Bodinya yang terbuat dari full stainless steel dengan German safety standard ini juga dilengkapi dengan LCD digital panel. Mampu membuat 25 variasi program dan telah lulus sertifikat FDA yang aman digunakan untuk segala jenis bahan makanan. Perihal listrik juga telah diatur denga hemat dan aman. Misalkan power listrik terganggu saat proses pembuatan roti, maka setelah power listrik bisa nyala lagi, dalam kurun wakktu 10 menit alat akan secara otomatis melanjutkan proses kerja yang telah diprogram, tanpa perlu menekan tombol “ START “ lagi.

Fitur-fitur yang juga menarik dari Neozen Bread Master Chrome ini antara lain; fitur pengatur berat (500 gr, 750 gr, 1.000 gr) dan juga fitur delay time yang dapat menunda proses pembuatan roti dengan maksimal waktu tunda 15 jam. Untuk kelengkapan alat lainnya juga disediakan seperti; stick pan, paddle, wadah dengan Xylan Coating yang merupakan lapisan anti lengket dan mudah dibersihkan.

Tentunya FriendZen tidak perlu khawatir dengan daya listrik yang dibutuhkan Neozen Bread Master Chrome ini, yaitu hanya dengan 550 WATT / 220-240 V / 50-60 Hz. Dan memiliki dimensi produk 35 x 40 x 31 cm. Selain itu setiap pembelian satu unit juga mendapatkan loyang roti, gelas ukur, sendook ukur, hook/pengait, pengaduk, buku resep yang berisikan banyak menu pembuatan roti, dan buku manual garis besar cara penggunaan. FriendZen juga akan mendapatkan garansi mesin selama 2 tahun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *