Kitchen

Tips Anti Gagal Memasak Pakai Air Fryer 

Tips anti gagal memasak dengan air fryer

Ingin memasak makanan lezat dan sehat tanpa ribet? Air Fryer adalah jawabannya! Alat masak modern ini menggunakan teknologi aliran udara panas untuk memasak makanan, sehingga kamu bisa mendapatkan hasil yang renyah, lezat, dan lebih sehat dibandingkan dengan gorengan biasa.

Apa itu Air Fryer?

Air Fryer adalah alat masak yang bekerja dengan cara memanaskan udara panas dan mensirkulasikannya di dalam wadah masak. Aliran udara panas ini akan memasak makanan secara merata dari segala sisi, sehingga menghasilkan tekstur yang renyah di luar dan matang sempurna di dalam.

Kegunaan Air Fryer

Air fryer sangat serbaguna dan bisa digunakan untuk berbagai macam masakan. Berikut adalah beberapa contoh makanan yang bisa dimasak dengan air fryer:

Makanan yang Bisa Dimasak dengan Air Fryer

1. Kentang Goreng: Kentang goreng akan menjadi renyah dengan sedikit minyak.

2. Ayam Goreng: Membuat ayam goreng yang renyah di luar dan juicy di dalam.

3. Ikan: Memasak ikan dengan air fryer membuatnya matang sempurna tanpa terlalu berminyak.

4. Sayuran: Sayuran panggang seperti brokoli, wortel, dan paprika.

5. Roti dan Pastry: Memanggang roti dan pastry hingga renyah dan enak.

6. Camilan Beku: Memasak camilan beku seperti nugget, mozzarella sticks, dan spring rolls.

Baca Juga: Oven vs Airfryer: Mana yang Lebih Hemat Energi dan Biaya?

Makanan yang Sebaiknya Tidak Dimasak dengan Air Fryer

Meskipun air fryer sangat serbaguna, ada beberapa makanan yang sebaiknya tidak dimasak dengan alat ini karena hasilnya mungkin tidak optimal atau bahkan bisa merusak alat:

1. Makanan yang dilapisi tepung basah: Hasilnya bisa membuat makanan menjadi lembek dan sulit untuk menjadi renyah.

2. Keju: Keju mudah meleleh dan gosong di dalam air fryer.

3. Makanan dengan Adonan Cair: Adonan cair tidak akan matang dengan baik di air fryer dan bisa membuat kekacauan di dalam alat. Seperti sup, saus, dan adonan basah.

4. Makanan yang mudah hancur: Seperti telur mentah dan tomat.

Tips Memasak dengan Air Fryer

Untuk mendapatkan hasil terbaik saat memasak dengan air fryer, ada beberapa tips yang perlu kamu perhatikan:

Preheat Air Fryer

Seperti oven, sebaiknya kamu memanaskan air fryer terlebih dahulu sebelum memasak. Ini membantu memastikan suhu yang merata dan hasil yang optimal. Preheat air fryer selama 3-5 menit sebelum memasukkan makanan.

Jangan Memasukkan Makanan Terlalu Penuh di Air Fryer

Jangan mengisi keranjang air fryer terlalu penuh. Beri ruang yang cukup agar udara panas bisa bersirkulasi dengan baik di sekitar makanan. Jika perlu, masak dalam beberapa batch untuk memastikan semua makanan matang dengan sempurna.

Gunakan Sedikit Minyak

Meskipun air fryer bisa memasak tanpa minyak, menambahkan sedikit minyak pada makanan seperti kentang atau ayam bisa membantu menghasilkan kerenyahan yang lebih baik. Gunakan spray minyak atau kuas untuk mengoleskan minyak secara merata.

Aduk atau Balik Makanan

Untuk memastikan semua sisi makanan matang dengan merata, aduk atau balik makanan setengah waktu memasak. Misalnya, jika kamu memasak selama 10 menit, aduk atau balik makanan setelah 5 menit.

Baca Juga: Berbagai Manfaat Air Fryer Untuk Kesehatan

Cek dan Sesuaikan Waktu Memasak

Setiap air fryer mungkin memiliki performa yang sedikit berbeda, jadi penting untuk memeriksa makanan secara berkala dan menyesuaikan waktu memasak sesuai kebutuhan. Jika makanan sudah terlihat matang lebih cepat, segera keluarkan untuk menghindari gosong.

Bersihkan Air Fryer Secara Rutin

Bersihkan air fryer secara rutin untuk menghindari penumpukan sisa makanan yang bisa mempengaruhi rasa dan kualitas masakan. Gunakan kain lembab dan hindari merendam bagian elektronik dalam air.

Rekomendasi Air Fryer Neozen untuk Memasak Sehari-hari

Neozen Air Fryer A5

Jika kamu mencari air fryer yang andal dan serbaguna untuk kebutuhan memasak sehari-hari, Neozen Air Fryer adalah pilihan yang tepat. Dengan teknologi TURBO HOT AIR CIRCULATION, Neozen Air Fryer memastikan masakan matang merata dengan cepat dan efisien. 

Kapasitas 3 liter yang luas dan pengaturan temperatur antara 80-200°C membuatnya cocok untuk berbagai jenis masakan. Selain itu, fitur overheat protector dan safety system menjadikannya aman digunakan sehari-hari. Neozen Air Fryer juga hemat energi dengan daya hanya 900 Watt, serta dilengkapi dengan lapisan non-stick yang mudah dibersihkan.

Siap untuk memasak dengan lebih sehat dan mudah? Dapatkan Neozen Air Fryer sekarang di Official Store Neozen dan nikmati kemudahan serta kelezatan memasak dengan teknologi canggih. Klik di sini untuk membeli dan dapatkan penawaran spesial hari ini!

Dengan mengikuti tips di atas, kamu bisa mengoptimalkan penggunaan air fryer untuk berbagai masakan sehari-hari. Selamat mencoba dan nikmati masakan yang lebih sehat dan lezat!

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *